Siapa yang tidak tahu Google yang adalah search engine yang paling sering digunakan? Apalagi anak kuliahan, pasti sudah tau Google apa.

Tapi tahukan kalian, kalau sejarah Google ini jauh dari perkiraan kita?

Karena pada awalnya, kedua pendiri Google Larry Page, dan Sergey Brin adalah mahasiswa yang secara tidak sengaja bertemu pada tahun 1995; dan selalu terlibat perdebatan bagaimana memperoleh data dari suatu kumpulan data yang sangat massive. MEreka pun terus berusaha utnuk mengembangkan suatu search engine ( pada mulanya menggunakan pendekatan kolaborasi ) yang diberi nama BackRub yang akhirnya ersebar di seluruh kampus. Sehingga di tahun 1998 pun mereka mulai mencari investor untuk bisa semakin menyempurnakan teknologi ini .

Selengkapnya dapat dibaca disini

Ada satu hal unik sebelum muncul nama Google. Hal ini berawal pada saat mereka bertemu dengan Andy Bechtolsheim yang menjadi investor bagi Larry dan Sergey dengna memberikan cek sebesar USD$ 100.000 atas nama ‘Google’ yang tidak disengaja penulisannya. Yang berakibat, mereka kesulitan dalam mencairkan dana tersebut sehingga terus menerus mengejar investor untuk mendirikan perusahaan bernama Google itu sendiri agar dapat mencairkan cek tersebut.

Selengkapnya dapat dibaca di http://www.anneahira.com/sejarah-google.htm

Sampai sekarang Google pun terus berinovasi, mulai dari membuat search engine, aplikasi chatting, email, dan fitur-fitur yang semakin ditambahkan dalam webnya.