New York: Tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Tidur memiliki banyak efek bagi tubuh manusia. Namun bagi mereka yang memiliki masalah dengan tidur, kegiatan menyenangkan tersebut akan menjadi mimpi buruk. Bagi Anda yang mengalaminya, pakar kesehatan mental Gretchen Rubin belum lama ini membagikan beberapa kiat penting untuk mendapatkan tidur berkualitas. Berikut ini adalah hal-hal yang akan meningkatkan kualitas tidur Anda:

1. Berolahraga secara teratur walaupun hanya berjalan kaki.
2. Jangan mengonsumsi kafein setelah jam tujuh malam.
3. Hindari aktivitas yang melibatkan berpikir satu jam sebelum waktu tidur.
4. Atur suhu kamar Anda menjadi agak dingin.
5. Matikan lampu kamar saat Anda tidur.
6. Pastikan kamar Anda tertata rapi sebelum tidur.

Jika Anda telah mengikuti saran di atas, namun Anda masih kesulitan untuk tidur, bacalah beberapa tips lanjutan di bawah ini.

7. Atur napas Anda.
8. Tuliskan hal-hal yang masih Anda pikirkan.
9. Usapkan losion ke seluruh tubuh Anda.
10.Pakailah kaos kaki favorit Anda.
11.Regangkan tubuh.
12.Minumlah minuman hangat seperti segelas susu ataupun cokelat hangat.
13.Menguap.
14.Regangkan jari-jari kaki Anda ke bawah dan ke atas.
15.Bayangkan jika Anda harus bangun dan bekerja saat itu juga dan Anda belum tidur sama sekali. Hal tersebut akan membuat lelah dan mempermudah tidur. Silakan mencoba.(DSC/ANS/Shine)

( sumber : Liputan6.com )