Rambut rontok terjadi pada pria maupun wanita. Tentu saja para pria merupakan kaum yang paling mengeluhkan hal ini, karena terlihat sangat jelas pada kepala mereka. Namun banyak wanita yang juga mengalami rambut rontok. Berikut ini adalah 7 makanan yang akan memerangi masalah rambut rontok yang Anda alami, baik pada pria maupun wanita.

1. Ikan

Asam lemak esensial yang ditemukan pada ikan sangat baik tidak saja untuk pertumbuhan rambut tapi juga kuku dan kulit. Saya tahu tidak semua orang suka dengan aroma ikan, namun menurut saya aroma dan rasa dari ikan segar jauh lebih baik dari tuna kalengan. Saya bisa dengan mudah memakan tuna panggang maupun steak ikan ditemani dengan kentang panggang. Tapi untuk tuna kalengan, sekali aromanya keluar dari kaleng yang baru dibuka, biasanya saya langsung tidak mood lagi untuk makan siang. Setidaknya kucing sangat suka dengan tuna kaleng!

2. Kedelai

Kedelai digunakan untuk membuat berton-ton produk makanan pada hari-hari ini. Zat besi pada kedelai meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh manusia. Kedelai juga memungkinkan peningkatan produksi jaringan dalam tubuh untuk mendapatkan lebih banyak oksigen, yang berarti meningkatkan pertumbuhan rambut. Kaum vegetarian menemukan berbagai macam cara untuk memanfaatkan kedelai. Meskipun Anda bukan seorang vegetarian, mengkonsumsi beberapa produk kedelai tidak akan menyakiti Anda kecuali jika Anda memang memiliki alergi dengan kedelai. Beberapa orang bermasalah dengan buang angin jika banyak makan kedelai. Tapi, apakah Anda lebih suka sering buang angin atau botak? Pilihan ada di tangan Anda.

3. Kacang Almond

Kacang almond tidak hanya mengurangi kadar kolesterol tetapi juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Kacang almond juga merupakan bentuk alami dari aspirin. Memakan 15 butir kacang almond setara dengan menenggak dua aspirin sehingga tidak hanya melawan rambut rontok tapi juga sakit kepala. Setiap butir kacang almond mengandung vitamin E dan zat besi, dan kedua kandungan ini sangat penting untuk mendapatkan rambut yang kuat dan sehat.

4. Tepung Gandum

Setelah ahli gizi menemukan bahwa tepung gandum jauh lebih baik daripada tepung putih, banyak produk yang dibuat dari tepung sehat ini sebagai gantinya. Anda dapat memilih produk roti, kue, pasta, bahkan sereal yang menggunakan tepung gandum. Zat besi dan silika ditemukan di dalam gandum, yang memungkinkan tubuh menyerap lebih banyak mineral dan vitamin dari makanan. Ketika tubuh mampu mempertahankan esensi tingkat tinggi dari vitamin dan mineral, rambut rontok hanya akan menjadi kenangan.

5. Daging Sapi Panggang

Jika Anda tidak suka dengan daging merah, maka hal ini bisa menjadi masalah bagi Anda. Bahkan porsi kecil dari daging sapi panggang sangat membantu dalam mengurangi rambut rontok. Hal ini tidak berarti Anda harus memakannya setiap malam sebagai menu makan malam. Vitamin A dan seng yang terkandung di dalam daging sapi panggang dapat menghilangkan ketombe, yang tidak hanya menyebabkan kulit kepala gatal tapi juga merontokkan rambut.

6. Bawang

Tidak semua orang bisa memakan banyak bawang dan banyak orang yang masih mengalami kesulitan untuk mengupas maupun memotong bawang. Bawang mengandung banyak belerang, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok.

7. Jeruk

Vitamin C banyak ditemukan di dalam jeruk. Sementara lemon dan limau juga mengandung vitamin C, namun rasanya tidak begitu lezat sebagaimana jeruk pada umumnya. Asam sitrat pada lemon dan limau juga sangat terasa di mulut. Kandungan vitamin C yang melimpah pada jeruk sangat cocok untuk pertumbuhan rambut yang baik.

Terdapat banyak alternatif lainnya yang dapat dilakukan oleh mereka yang sedang bergumul dengan rambut rontok; implan rambut, salep, dll. 7 makanan yang akan memerangi rambut rontok ini mungkin bukan cara yang paling tradisional untuk mengatasi masalah rambut rontok, tetapi cara ini pastinya tidak akan melukai Anda.

(dikutip dari : allwomenstalk )