Pasti semua tidak asing lagi dengan istilah ‘bau badan’ atau ‘bb’. Bau badan ( dalam istilah ilmiah bromhidrosis disebut juga bromidrosis, osmidrosis dan ozochrotia ).

Faktor penyebab bau badan adalah:
1. Karena produksi pada kelenjar aprocine ( terdapat di daerah perakaran rambut, dan aktif setelah memasuki masa pubertas ) yang memiliki bau lemak dan karena terdapat bakteri pada setiap helai rambut yang berperan dalam proses pembusukkan sehingga menyebabkan bau badan tak sedap.
2. Faktor genetik, walaupun tidak 100%. Yang terpenting adalah cara kita selalu menjaga kebersihan badan. Kebersihan badan berawal dari pakaian yang kita kenakan, secara teratur membersihkan badan atau mandi 2 kali sehari, serta menjaga makanan yang kita konsumsi.
3. Kondisi psikis seseorang. Apabila seseorang sendang mengalami stress atau emosi juga akan mempengaruhi kelenjar apocrine yang akan bekerja lebih efektif dan produktif, sehingga memperparah bau badan.
4. Karena kegemukkan, Pada orang gemuk, keringat cenderung terperangkap di antara lipatan-lipatan kulit.

Cara mengatasi bau badan yang efektif adalah dengan menjaga tubuh kita sendiri, melalui menjaga kebersihan, pola makan, serta emosi kita. Mungkin, makanan yang boleh sedikit dikurangi adalah makanan yang mengandung protein tinggi ( e.g : daging daging kambing – karena dapat melebarkan pembuluh darah, durian, bawang goreng ) dan memperbanyak konsumsi sayuran, buah , serta air putih yang mengencerkan keringat sehingga mengurangi bau badan; selain itu kebiasaan merokok, minum minuman keras, serta mengkonsumsi antibiotika juga akan meningkatkan intensitas bau badan.

Kalau bau badannya ngeri, illfeel atau ga?😉
biar bermanfaat artikel ini . .🙂